-->

Info Baru 2016 : 4 PTN Buka Prodi Baru

Informasi 4 PTN Surabaya Tahun 2016 Buka Prodi Baru

Info Kuota SNMPTN SBMPTN 2016 pict
Info Kuota SNMPTN dan SBMPTN 2016 ~ Selamat bertemu dengan Info SNMPTN dan SBMPTN 2016, pada sore yang cerah ini Info SNMPTN dan SBMPTN 2016 akan posting seputar Kuota PTN 2016 , kali ini dengan judul "Info Baru 2016 : 4 PTN Buka Prodi Baru". Program studi (prodi) yang bisa dipilih mahasiswa baru tahun depan akan lebih beragam. Saat ini perguruan tinggi negeri (PTN) di Surabaya berlomba mendirikan prodi baru. Apa saja prodi baru tersebut?

Prodi Baru Universitas Negeri Surabaya (Unesa) Tahun 2016

Sangat luar biasa rencana yang akan dilakukan oleh Unesa, bahwa pada tahun 2016 ada sepuluh prodi baru yang diajukan ke Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti), hal ini seperti pernyataan Pembantu Rektor 1 Unesa Yuni Sri Rahayu . Kini pihak Unesa menunggu persetujuan lebih lanjut.

Adapun prodi baru yang diajukan, di antaranya,
1. S-1 pendidikan IPS,
2. S-2 manajemen, dan
3. S-3 pendidikan vokasi.

Prodi Baru Tahun 2016 di Insitut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya (ITS) 
Insitut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya (ITS) juga menambah prodi baru. Tahun ini ITS membuka prodi teknik dan manajemen energi laut. Prodi pascasarjana tersebut dibawahi jurusan teknik kelautan.

Mukhtasor, salah seorang koordinator prodi, menjelaskan bahwa energi terbarukan akan semakin digalakkan. Salah satunya yang bersumber dari laut. ''Padahal, peluangnya besar. Maka, terbukanya prodi ini diharapkan dapat meningkatkan SDM yang dapat mengembangkan sumber energi laut,'' ungkap guru besar fakultas teknologi kelautan tersebut.

Kini Mukhtasor dan pihaknya mempersiapkan SDM seperti tenaga dosen. Dia mengatakan, prodi tersebut merupakan gabungan dari berbagai macam ilmu. Jadi, SDM-nya diambil dari beberapa prodi terkait.

Misalnya, dari teknik kelautan, teknik perkapalan, teknik sistem perkapalan, teknik fisika, dan teknik elektro. ''Kami juga mengundang pengajar dari Politeknik hingga Balai Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT),'' tuturnya.

Selain itu, untuk pengembangan kurikulum, Mukhtasor dan pihaknya menggandeng Robert Gordon University (RGU) dari Skotlandia. ''Kami belajar kepada mereka terkait kurikulum prodi baru ini,'' jelasnya.

Kuota SNMPTN dan SBMPTN 2016
Nantinya, mahasiswa prodi baru tersebut diajarkan beberapa mata kuliah. Di antaranya, sistem konversi energi laut, kajian potensi energi laut, ekonomi teknik dan bisnis energi, serta manajemen operasi.

''Mata kuliah tersebut tentunya dipelajari di samping mata kuliah dasar yang disampaikan di teknik kelautan,'' tegas pria yang juga diamanahi sebagai ketua Asosiasi Energi Laut Indonesia (ASELI) tersebut.

Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) juga membuka prodi baru, yaitu magister terapan. Namun, prodi baru itu tidak beroperasi dalam waktu dekat. ''Rencananya masih 2017 mendatang,'' kata Wakil Direktur 1 PENS Adi Wirawan. Prodi tersebut dikhususkan untuk program magister. ''Karena kita masih minim program magister,'' ungkap Adi.

Kuota SNMPTN dan SBMPTN 2016 UINSA
Sementara itu, Universitas Islam Negeri Sunan Ampel (UINSA) Surabaya juga membuka dua prodi baru.

Wakil Rektor 1 UINSA Syamsul Huda menuturkan, dua prodi baru itu adalah S-1 ilmu hukum dan S-1 pendidikan IPA. Prodi ilmu hukum akan berada di bawah naungan fakultas syariah dan hukum. Selama ini prodi syariah dan keagamaan banyak berkembang di UINSA.

''Jadi, kami lengkapi ilmu hukum dari ilmu positifnya,'' katanya.

Demikian juga prodi pendidikan IPA. Prodi tersebut dihadirkan untuk melengkapi kebutuhan pembelajaran di UINSA. Syamsul menyebutkan, operasional dua prodi tersebut kini tinggal menunggu surat keputusan dari Kemenristekdikti.

Pihaknya sudah menyiapkan berbagai perangkat terkait dengan operasional prodi baru itu. Mulai gedung baru, laboratorium, hingga sarpras lainnya. Pendirian prodi baru di Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT) juga sudah dilakukan.

''Tinggal tunggu SK. Semoga bisa secepatnya. Jadi, tahun depan bisa menerima mahasiswa baru,'' paparnya.

Selain prodi ilmu hukum dan pendidikan IPA, UINSA berencana membuka dua prodi lainnya. Yakni, prodi kesehatan dan teknik. Namun, dua prodi tersebut belum dibuka dalam waktu dekat. Sebab, keduanya masih berada dalam proses pengajuan program studi baru di BAN PT. ''Tapi, proposalnya sudah diajukan,'' jelasnya.


Soal Online

Materi Bilangan

Materi Himpunan

Sukses UN 2018

POS UN SMP-SMA 2016/2017

Kisi-kisi UN SMP-SMA 2016/2017

Contoh Soal dan Kunci Jawab Siap UN SMA 2017

Contoh Soal dan Kunci Jawab Siap UN SMP 2017

POS dan Kisi-kisi US SD/MI 2017

POS USBN 2017

Posting Relevan