-->

Panduan Pendaftaran SNMPTN 2018

Panduan Pendaftaran SNMPTN 2018

Panduan Pendaftaran SNMPTN 2018 img
Panduan Pendaftaran SNMPTN 2018. Selamat bertemu dengan Info SNMPTN 2018, tak terasa Seleksi Masuk Perguruan Tinggi Negeri atau yang biasa disebut SNMPTN di tahun 2017 sudah berlalu, namun bagi adik-adik yang sekarang baru saja duduk di kelas XII hars sudah mencoba untuk melirik PTN yang akan diincar. Sebagai gambaran seperti tahun sebelumnya. Sekolah bisa mendaftarkan siswanya ikut SNMPTN dengan terlebih dahulu mengisi Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS). Nah berikut adalaah gambaran panduan pendaftaran SNMPTN tahun-tahun sebelumnya.

Mekanisme Pendaftaran SNMPTN 2018

Gambaran Pendaftaran SNMPTN 2018
Nilai dua ujian akhir untuk SMA sederajat tidak akan digunakan dalam seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri (SNMPTN).

Meskipun begitu, rektor tetap diperbolehkan menggunakan nilai USBN (ujian sekolah berstandar nasional) dan unas (ujian nasional) untuk seleksi mandiri.

Ketua Panitia Pusat SNMPTN dan SBMPTN 2018 Ravik Karsidi menjelaskan, keputusan itu diambil setelah adanya komunikasi antara Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Mohamad Nasir dengan jajaran Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).

Kedua pihak sepakat bahwa antara nilai USBN dan unas dengan SNMPTN tidak saling tergantung.

“Artinya bahwa USBN dan ujian nasional ini tidak dikaitkan dengan seleksi penerimaan mahasiswa baru,’’ jelasnya dalam peluncuran SNMPTN 2018 di Jakarta kemarin (12/1).

Peluncuran seleksi nilai rapor dan prestasi akademik lainnya itu digelar bersamaan dengan launching seleksi bersama masuk perguruan tinggi negeri (SBMPTN). SBMPTN merupakan seleksi masuk kampus negeri berdasarkan tes.

Mengenai seleksi mandiri, menjadi kewenangan masing-masing kampus dengan kuota maksimal 30 persen dari daya tampung. Sementara kuota SNM PTN dan SBM PTN masing-masing minimal 30 persen.

Tahun ini SNM PTN dan USBN diikuti 85 PTN. Daya tampung mahasiswa baru 2018 sama dengan 2017. Tahun lalu sebanyak 101.906 pelamar lulus SNM PTN dan 148.066 pelamar lolos SBM PTN.

Panduan Pendaftaran SNMPTN 2018 dan Mekanisme Pendaftaran SNMPTN 2017. Konsep pendaftaran SNMPTN  2018 kali ini adalah kepercayaan kepada kepala sekolah yang dikontrol oleh siswa. Guna meminimalisir kecurangan, jika siswa dinyatakan diterima di PTN dan mendaftar ulang, siswa harus membawa rapot asli. “Panitia akan ngecek. Kalau tidak sama, PTN akan memberi sanksi kepada siswa. Bahkan, tahun lalu ada yang kelulusannya dibatalkan. Ini juga proses agar kita bisa saling percaya,” jelasnya.

Dengan menggunakan kata sandi yang diberikan dan NISN, siswa melakukan verifikasi data rekam jejak prestasi akademik yang disajikan oleh kepala sekolah. “Jika siswa tidak melakukan verifikasi, maka data yang dimasukkan oleh kepala sekolah dianggap benar, dan tidak dapat diubah setelah masa verifikasi berakhir,” jelas Rektor Universitas Padjajaran tersebut.

(Sumber : jpnn.com)

Mekanisme Pendaftaran SNMPTN 2018
Untuk mendaftar SNMPTN 2018  langkah-langkah yang harus dilakukan oleh siswa.

Siswa pelamar dengan menggunakan NISN dan kata sandi yang diberikan kepala sekolah untuk login ke PDSS, login ke laman SNMPTN http://snmptn.ac.id untuk melakukan pendaftaran.

Siswa pelamar mengisi biodata, 

Siswa menentukan pilihan PTN, dan pilihan program studi, 

Siswa mengunggah pasfoto resmi terbaru dan dokumen prestasi tambahan (jika ada). 

Siswa pelamar program studi bidang ilmu seni dan keolahragaan harus mengunggah portofolio atau dokumen bukti keterampilan, menggunakan pedoman yang dapat diunduh pada laman http://snmptn.ac.id. 

Setelah proses tersebut selesai, siswa pelamar kartu bukti pendaftaran sebagai tanda bukti peserta SNMPTN.

Jadwal SNMPTN 2018
Jadwal pelaksanaan SNMPTN adalah sebagai berikut:

Pengisian dan Verifikasi PDSS: 13 Januari – 10 Februari 2018
Pendaftaran SNMPTN : 21 Februari – 6 Maret 2018
Pengumuman Hasil Seleksi ; 17 April 2018
Proses verifikasi dokumen peserta dan/atau pendaftaran ulang di PTN masing-masing bagi yang lulus seleksi dilaksanakan hari Selasa, 8 Mei 2018 (bersamaan dengan pelaksanaan ujian tertulis SBMPTN 2018).

Semoga sedikit gambaran "Panduan Pendaftaran SNMPTN 2018" di atas bermanfaat.

Keywords : Panduan Pendaftaran SNMPTN 2018, Mekanisme dan Panduan Pendaftaran SNMPTN 2018, SNMPTN 2018



Panduan Pendaftaran SNMPTN 2014, Mekanisme dan Panduan Pendaftaran SNMPTN 2014 pict

Soal Online

Materi Bilangan

Materi Himpunan

Sukses UN 2018

POS UN SMP-SMA 2016/2017

Kisi-kisi UN SMP-SMA 2016/2017

Contoh Soal dan Kunci Jawab Siap UN SMA 2017

Contoh Soal dan Kunci Jawab Siap UN SMP 2017

POS dan Kisi-kisi US SD/MI 2017

POS USBN 2017

Posting Relevan